Petani Menuai Berkah Berkat Bimbingan Grup APRIL

Need writing advice? Want to share works in progress? Look here!

Moderators: mgmirkin, Moderators

Post Reply
tania
Mi-Go Brain-Bait
Mi-Go Brain-Bait
Posts: 2
Joined: Mon Mar 28, 2016 4:26 am

Petani Menuai Berkah Berkat Bimbingan Grup APRIL

Post by tania »

Bertahun – tahun lamanya masyarakat di kawasan Teluk Meranti tidak bisa menanam padi. Namun sosok cahaya mulai menerangi mereka, PT RAPP berhasil membantu kegelisahan petani setempat dengan keberhasilannya memanen padi di lahan 20 hektar tanpa adanya pembakaran sedikitpun. Kegembiraan kini menyelimuti para petani, masyarakat setempat pun akhirnya memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kerja sama antara petani dan PT RAPP.

Mulanya, peralatan pertanian seperti cangkul telah diungsikan ke dalam kapal kayu berjenis pompong. Kapal kayu jenis ini telah terpasang mesin motor. Pompong bersiap untuk menuju pulai seberang dimana di sana sudah ditunggu – tunggu oleh para petani untuk memantau perkembangan lahan mereka. Sesampainya di lokasi tujuan, para petani membentangkan tikar dan membangun tenda sederhana untuk melakukan makan siang sebelum bekerja. Makan siang pun selesai, namun mereka tak langsung bubar. Mereka melakukan syukuran sederhana sekedar dengan memberikan rasa terharu nya terhadap keberhasilan panen ini. Tak ada yang pernah menyangka bahwa Pulau Padang yang dahulunya tidak terurus, dipenuhi oleh tanaman liar dan semak belukar akhirnya saat ini bisa dijadikan ladang pertanian yang berguna bagi masyarakat.

Peran PT Riau Andalan Pulp and Paper naungan Sukanto Tanoto ini lah yang menjadikan Pulau Padang berkembang pesat hingga sekarang ini. Pembukaan ladang yang dilakukan dibuka dengan cara yang sangat baik yakni tanpa membakar dan merusak lahan. Alat – alat yang digunakan pun bantuan dari pihak PT RAPP. Selain berkat PT RAPP, pembukaan lahan ini terjadi juga karena kerja sama Desa Teluk Meranti dengan Program Desa Bebas Api atau Free Fire Village Program (FFVP). Dengan kerja sama ini, para petani dan masyarakat pun akhirnya memahami bahwa membuka lahan dengan pembakaran adalah kegiatan yang berbahaya sehingga perencanaan PT RAPP pun berjalan dengan lancar.

Setelah makan siang dan agenda haru bersama, mereka pun akhirnya turun ke lahan untuk memanen padi. Bahkan, Manajer Program Desa Bebas Api PT RAPP turut turun ke lahan untuk membantu para petani memanen. Hal ini semata mata karena kesalutannya terhadap kerja keras masyarakat setempat. Pihak PT RAPP mengatakan bahwa program yang berjalan sejak 4 tahun lalu ini telah teruji mampu mengurangi luasan areal kebakaran secara signifikan. Budaya sadar bencana dan resiko alam telah dibangun sehingga tertanam pola pikir yang baik di masyarakat setempat. Selain itu, perusahaan juga memberikan hand tractor di setiap desa untuk mengurangi adanya resiko – resiko yang akan terjadi.

Isunya, sebelum program ini berhasil secara keseluruhan. Desa Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan ini telah mendapatkan penghargaan atas keberhasilan dan kegigihannya dalam menjaga ekosistem lahan dari adanya kebakaran lahan.

Source: https://en.wikipedia.org/wiki/Asia_Pacific_Resources_International_Holdings
Post Reply