Toko Online, Marketplace E-Commerce yang Wajib Anda Tahu

General Topics and Introductions

Moderators: mgmirkin, Moderators

Post Reply
tania
Mi-Go Brain-Bait
Mi-Go Brain-Bait
Posts: 2
Joined: Mon Mar 28, 2016 4:26 am

Toko Online, Marketplace E-Commerce yang Wajib Anda Tahu

Post by tania »

Jika Anda suka berbelanja online mungkin sudah tak asing dengan yang namanya toko online bukan? Mungkin selama ini Anda hanya tahu jika semua toko yang bisa melayani jual beli online merupakan online shop. Namun tahukah Anda jika ternyata di dunia perdagangan online ada beberapa jenis online shop. Tentunya tiap jenis tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum tahu tentang perbedaannya mungkin saja beberapa informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Marketplace

Jenis online shop yang harus Anda ketahui pertama adalah marketplace. Marketplace adalah onlineshop yang menawarkan lebih beragam. Namun produk yang ditawarkan oleh marketplace merupakan produk yang berasal dari beberapa penjual. Jadi jika Anda memiliki online shop, tak ada salahnya jika menawarkan produk Anda lewat marketplace ini. Ada beberapa kelebihan saat Anda berbelanja atau berjualan di marketplace online ini. Antara lain:

- Bagi pembeli sangat diuntungkan karena lebih praktis. Pasalnya setelah melakukan pembayaran, Anda bisa langsung mengkonfirmasi dalam marketplace tersebut melalui akun yang Anda miliki.
- Marketplace memiliki banyak sekali pedagang. Jadi harganya juga lebih bersaing dan lebih miring.
- Bagi penjual juga memiliki keuntungan, karena bisa lebih terhindar dari konsumen yang berniat untuk menipu. Karena uang yang dibayarkan oleh konsumen akan diberikan kepada Anda setelah mereka benar-benar mengkonfirmasi pembayaran.

Online shop

Online shop atau toko online adalah jenis tempat belanja online yang dikelola oleh perorangan. Online shop ini umumnya menjual satu jenis produk saja. Misalnya saja hanya seperti produk fashion saja ataupun aneka produk kecantikan saja. Selain itu untuk komunikasi dengan penjual, Anda harus menggunakan berbagai metode. Seperti BBM, SMS ataupun sosial media lainnya. Keuntungan jika Anda membeli di online shop antara lain:

- Anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan penjualnya.
- Lebih mudah bertanya tentang ketersediaan produk kepada penjual.
- Jika membeli dalam jumlah banyak, maka Anda akan dikenakan harga grosiran.

Banyak sekali bukan kelebihan yang bisa Anda peroleh saat membeli melalui online shop?

E-Commerce

Terakhir adalah e-commerce yang memiliki strategi penjualan sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis online shop lainnya. E-commerce memang hampir mirip dengan online shop jenis marketplace. Hanya saja perbedaannya terletak pada produk yang dijualnya. Produk yang dijual oleh e-commerce ini tidak didapat dari penjual online. Melainkan mereka hanya menjual produk mereka sendiri. Jadi jika ingin produk yang Anda jual bisa muncul di e-commerce maka Anda harus bermitra terlebih dahulu dengan mereka.

Lalu manakah yang cocok untuk dijadikan tempat belanja di dunia maya? Tentu saja itu terserah pada selera Anda. Karena pada dasarnya masing-masing jenis onlineshop tersebut memilki kekurangan dan kelemahan masing-masing. Jika Anda ingin membeli barang dengan banyak variasi, maka disarankan untuk membeli pada marketplace ataupun e-commerce. Selain bisa mendapat banyak variasi produk, Anda juga bisa berkesempatan memperoleh diskon.

Namun jika ingin memperoleh produk yang lebih spesifik dan bisa memperoleh harga dengan harga murah saat membeli grosiran, maka lebih disarankan untuk membeli pada toko online saja. Tetapi pastikan Anda membeli di online shop yang sudah terpercaya dan memang reputasinya sudah baik. Demikian informasi ini dan semoga bisa memberikan referensi terbaru bagi Anda yang ingin berbelanja secara online. Terakhir, manakah dari ketiga pilihan tersebut yang akan Anda pilih?
Post Reply